Cara Mengunci Flashdisk di Windows 10 - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengunci Flashdisk di Windows 10

Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan data yang banyak digunakan saat ini. Flashdisk biasa digunakan untuk media transfer data dari satu komputer ke komputer yang lain. Dan juga flashdisk masih sering digunakan untuk menyimpan data penting sebagai backup data.

Bagi kamu yang sering menggunakan flashdisk untuk menyimpan data penting yang bersifat pribadi atau rahasia, sebaiknya flashdisk yang kamu gunakan diberikan password. Agar tidak sembarangan orang bisa mengakses data yang kamu simpan di dalam flashdiskmu.

Nah, pada artikel kali ini saya ingin berbagi cara mengunci flashdisk dengan password di Windows 10.

Cara mengunci flashdisk dengan password di Windows 10

Di Windows 10 kita bisa mengunci flashdisk dengan mudah. Kita tidak perlu menggunakan aplikasi lain, karena Windows 10 sudah menyediakan fitur untuk memberikan password di flashdisk yang kamu gunakan.

Cara mengunci flashdisk di Windows 10 menggunakan fitur yang dinamakan BitLocker Drive Encryption. Hebatnya lagi, untuk menggunakan fitur ini kamu tidak butuh koneksi internet, add-in atau yang lainnya. Kamu hanya butuh komputer dengan sistem operasi Windows 10 di dalamnya. Dan ini membuat cara mengunci flashdisk di windows 10 menjadi sangat mudah.

Untuk mengunci flashdisk di Windows 10 kamu bisa ikuti Langkah-langkah berikut ini :

  • Pastikan kamu sudah memasang flashdisk di laptop atau komputermu
  • Buka jendela Run dengan menekan tombol Windows + R secara bersamaan 

  • lalu pada jendela Run ketikkan “Control Panel” kemudian tekan tombol Enter atau klik "OK" untuk menampilkan Control Panel 

  • Pada jendela Control Panel pilih menu “System and Security” 

  • Kemudian pilih “BitLocker Drive Encryption” 

  • Setelah itu kamu akan melihat semua drive yang terpasang di komputermu termasuk drive dari flashdisk yang akan kamu berikan password
  • Klik “Turn on BitLocker” pada drive flashdik yang ingin kamu proteksi 

  • Di jendela selanjutnya : Choose how you want to unlock this drive, kamu akan di minta memilih cara membuka flashdisk Ketika menyambungkannya ke komputer. Karena kita akan menggunakan password, maka di sini kamu beri tanda centang pada “Use a password to unlock the drive” kemudian isi dua kali password yang ingin kamu gunakan pada kolom yang disediakan seperti pada gambar di bawah, lalu klik “OK” 

  • Kemudian di jendela selanjutnya : How do you want to backup your recovery key, kamu akan diminta menentukan cara backup recovery file. Langkah ini diperlukan untuk mengantisipasi jika kamu lupa password yang kamu gunakan, kamu bisa memanfaatkan recovery file ini untuk membuka flashdisk yang kamu proteksi. Di sini kamu pilih “Save to a file” untuk menyimpan file recovery dalam bentuk file *.txt. 

  • Selanjutnya tentukan nama file dan lokasi tempat menyimpan file recovery yang kamu buat lalu klik “OK” 

  • Setelah menentukan nama file dan lokasi kamu bisa klik tombol “Next” 

  • Kemudian pada jendela Choose how much of your drive to encrypt, kamu tentukan kualitas proteksi flashdisk yang kamu inginkan. Pilih “Encrypt used this space only” untuk proses yang lebih cepat atau pilih “Encrypt entire drive” untuk proteksi flashdisk yang lebih baik. Di sini saya pilih “Encrypt entire drive” lalu klik “Next” 

  • Selanjutnya pada Choose encryption mode to use, pilih “compatible mode” lalu klik “Next” 

  • Selanjutnya kamu akan melihat jendela konfirmasi are you ready to encrypt this device. Jika kamu siap untuk membuat proteksi kamu bisa klik tombol “Start Encrypting” 

  • Proses Encrypt untuk membuat proteksi flashdisk akan membutuhkan waktu beberapa lama. Kamu hanya tinggal menunggu sampai proses pembuatan proteksi selesai 

  • Jika sudah selesai kamu bisa mencabut flashdisk yang baru kamu proteksi kemudian pasang Kembali. Maka Ketika kamu mencoba mengakses ke drive flashdisk, kamu akan diminta memasukkan password. Kamu bisa masukkan password yang tadi kamu gunakan lalu klik “Unlock” 

  • Selesai, flashdisk kamu sekarang sudah dikunci dengan password. Jadi tidak sembarang orang bisa membuka flashdiskmu.

Demikian artikel kali ini tentang cara mengunci flashdisk, semoga ini membantu kamu dalam mengamankan data pribadi atau data rahasia di kantor tempat kamu bekerja.

Posting Komentar untuk "Cara Mengunci Flashdisk di Windows 10"