4 Cara Menjumlahkan di Excel - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Menjumlahkan di Excel

Ada beberapa cara yang menjadi pilihan jika ingin menjumlahkan angka di excel. Nah, pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan 4 cara menjumlahkan angka di Microsoft excel.

Menjumlahkan langsung angka di dalam rumus excel

Untuk menjumlahkan angka langsung pada rumus, kamu bisa ketikkan langsung pada cell di mana kamu ingin menampilkanm hasilnya. Contoh pada gambar di bawah ini saya ingin menampilkan hasil dari 3 ditambah 4 di cell C3 maka di cell C3 saya ketikkan rumus =3+4 lalu tekan Enter.

Menjumlahkan angka di dalam cell 

Sebagai contoh pada gambar di bawah ini kita akan menjumlahkan angka di cell A3, B3 dan C3 kemudian menampilkan hasilnya di cell D3. 

Untuk mendapatkan hasil seperti di atas maka di cell D3 kita bisa ketikkan rumus =A3+B3+C3 lalu tekan Enter

Menjumlahkan di Excel dengan FUNGSI SUM cara 1

Cara ini adalah cara yang paling populuer dan banyak digunakan di pengolahan data, karena memang cara ini sangat mudah dan praktis di aplikasikan. 

Kita akan menggunakan contoh yang sama dengan contoh sebelumnya, tapi dengan cara yang berbeda. Jika di cara sebelumnya kita ketikkan rumus di cell D3 =A3+B3+C3 maka pada cara yang ketiga ini kita ketikkan rumus di cell yang sama =SUM(A3:C3). Fungsi tersebut akan menjumlahkan semua angka yang ada di antara cell A3 sampai Cell C3

Menjumlahkan di Excel dengan FUNGSI SUM cara 2

Misalkan pada gambar di bawah ini kita ingin menjumlahkan angka-angka yang ada pada 3 cell yaitu cell C3, D6 dan B8 kemudian menampilkannya di Cell E3. 

Untuk mendapatkan hasilnya Maka kita pada cell E3 kita ketikkan rumus =SUM(C3;D6;B8)


Posting Komentar untuk "4 Cara Menjumlahkan di Excel"