Cara Membuat Angka Pangkat Atas dan Bawah di Microsoft Excel - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Angka Pangkat Atas dan Bawah di Microsoft Excel

Sebagai aplikasi pengolahan data, Microsoft Excel sangat sering digunakan untuk menghitung perhitungan dalam suatu data baik itu penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. Bahkan tidak jarang juga Microsoft Excel digunakan untuk mengolah data dengan perhitungan bilangan berpangkat.

Pada pembahasan kali ini kita tidak membahas cara perhitungan suatu bilangan di aplikasi Excel. Tapi, kita akan mebahas bagaimana caranya membuat tulisan dengan bilangan berpangkat. Bilangan berpangkat di Microsoft Excel bisa kita tulis dengan menggunakan fitur Superscript dan Subscript. Fitur Superscript digunakan untuk membuat bilangan dengan pangkat atas ( Contoh : 32 ) Sedangkan fitur Subscript digunakan untuk membuat bilangan dengan pangkat bawah (Contoh : H2O).

Lalu bagaimana caranya kita mengakses fitur superscript dan subscript di Microsoft Excel? Simak penjelasannya di bawah. Tapi, sebelumnya pastikan cell yang akan ditulis bilangan berpangkat sudah diformat type data Text.


  • 1 Cara Membuat Pangkat Atas
  • 2 Cara Membuat Pangkat Bawah
  • Cara Membuat Pangkat Atas

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fitur Superscript ini akan membuat text yang diatur dengan superscript ini akan lebih kecil dan berada di posisi atas text normal.

    1. Select teks yang ingin dibuat menjadi pangkat atas > lalu klik kanan pada teks > lalu pilih Format Cell
    2. Pada jendela format cell, beri tanda centang pada Superscript untuk membuat teks menjadi pangkat atas > lalu klik OK.
    3. JIka berhasi akan terlihat seperti video di bawah ini.

    Cara Membuat Pangkat Bawah

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fitur Subscript ini akan membuat text yang diatur dengan subcipt ini akan lebih kecil dan berada di posisi bawah text normal.

    1. Select teks yang ingin dibuat menjadi pangkat bawah > lalu klik kanan pada teks > lalu pilih Format Cell
    2. Pada jendela format cell, beri tanda centang pada Subscript untuk membuat teks menjadi pangkat bawah > lalu klik OK.
    3. Hasilnya akan terlihat seperti video di bawah. 


    Demikian tulisan kali ini tentang cara membuat teks berpangkat menggunakan fitur Superscript dan Subscript. Semoga membantu pekerjaan teman-teman di kantor ataupun di rumah.

    Posting Komentar untuk "Cara Membuat Angka Pangkat Atas dan Bawah di Microsoft Excel"