17 Fungsi Excel Yang Sering Digunakan - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Fungsi Excel Yang Sering Digunakan

Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolahan data yang digunakan hampir di tiap perusahaan atau Lembaga. Untuk memuaskan penggunanya Microsoft Excel dilengkapi dengan berbagai macam fitur atau tools. Diantara yang sering digunakan adalah FUNCTION.

FUNCTION dalam Microsoft Excel adalah Kode yang telah ditetapkan yang digunakan untuk melakukan perhitungan atau pengolahan data. Jadi dengan fungsi yang sudah disediakan, pengguna Excel tidak perlu lagi menulis rumus atau Formula yang Panjang untuk mendapatkan suatu hasil data.

Function atau Fungsi yang disediakan dalam Microsoft Excel sangat banyak, jumlahnya mencapai ratusan Fungsi. Tapi di antara semua Fungsi yang disediakan ada beberapa Fungsi yang digunakan di hampir semua kantor atau Lembaga pengguna aplikasi ini. Nah, pada tulisan kali ini kita akan membahas 15 Fungsi yang paling sering digunakan di Microsoft Excel.

Daftar isi

SUM

Fungsi ini adalah fungsi yang bisa dikatakan wajib diketahui oleh semua pengguna Microsoft Excel. Fungsi ini berguna untuk menjumlahkan nilai-nilai. Nilai yang dijumlahkan biasanya nilai-nilai yang ada pada cell-cell yang ada dalam satu range tertentu.

SUMIF

Fungsi SUMIF digunakan untuk menjumlahkan nilai dari cell-cell yang ada pada satu range dengan kriteria tertentu. Contohnya misalkan kamu ingin mencari total jumlah penjualan seorang karyawan atau juga total jumlah penjualan di daerah tertentu .

COUNTIF

Fungsi COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah cell yang ada pada satu range dengan kriteria tertentu. Contoh misalkan kamu ingin mencari jumlah siswa berjenis kelamin laki-laki dan jumlah siswa berjenis kelamin perempuan atau juga dengan fungsi ini kamu bisa mencari jumlah siswa dari desa tertentu.

IF

Fungsi IF adalah salah satu dari fungsi logika dalam Mirosoft Excel yang  digunakan untuk menampilkan suatu nilai jika kondisi benar dan menampilkan nilai yang lain jika kondisi salah.

AND

Fungsi AND akan menghasilkan nilai TRUE jika semua kondisi atau argumen yang diuji bernilai TRUE dan akan menghasilkan nilai FALSE jika salah satu argument yang diuji bernilai FALSE.

OR

Fungsi OR akan menghasilkan nilai TRUE jika salah satu kondisi atau argumen yang diuji bernilai TRUE dan akan menghasilkan nilai FALSE jika semua argumen yang diuji bernilai FALSE.

NOT

Fungsi NOT akan menghasilkan nilai yang bertentangan dengan argumen yang diuji. Jika argumen yang di uji bernilai TRUE maka Fungsi NOT akan menghasilkan Nilai FALSE sebaliknya jika argumen yang diuji bernilai FALSE maka fungsi NOT akan menghasilkan nilai TRUE.

AVERAGE

Fungsi AVERAGE adalah Fungsi perhitungan yang digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari deretan nilai yang ada dalam satu Range.

VLOOKUP

Fungsi yang digunakan untuk menampilkan nilai dalam satu kolom yang ada dalam dalam satu tabel dengan menggunakan nilai dari kolom lainnya sebagai nilai kunci pencarian.

UPPER

Fungsi UPPER digunakan untuk mengubah huruf dalam satu teks menjadi huruf kapital semua.

LOWER

Fungsi LOWER digunakan untuk mengubah huruf dalam satu teks menjadi huruf kecil semua.

PROPER

Fungsi PROPER digunakan untuk mengubah huruf pertama dari setiap kata dalam satu teks menjadi huruf kapital.

EXACT

Fungsi EXACT adalah fungsi yang digunakan untuk mengetahui apakah 2 buah teks sama persis atau tidak. Fungsi bersifat ini case sensitive atau peka terhadap perbedaan huruf besar dan kecil.

LEN

Kamu bisa mengggunakan Fungsi LEN ini untuk mencari tahu jumlah karakter dalam satu teks.

TRIM

Fungsi TRIM akan merapikan teks dari spasi yang tidak diperlukan. Fungsi ini akan menghapus spasi lebih dari satu di antara teks dan semua spasi yang berada di awal dan akhir teks.

CONCATENATE

Fungsi CONCATENATE adalah salah satu fungsi pengolah data teks yang digunakan untuk menggabungkan beberapa string teks menjadi 1 string.

IFERROR

Kamu bisa menggunakan fungsi IFERROR ini untuk mengatasi kesalahan di dalam rumusIFERROR akan menampilkan nilai yang kamu tentukan jika rumus yang kamu masukkan menghasilkan kesalahan; jika tidak, rumus mengembalikan hasil rumus.

 

Posting Komentar untuk "17 Fungsi Excel Yang Sering Digunakan"