Rumus Mencari Ranking Siswa di Excel - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumus Mencari Ranking Siswa di Excel

Fungsi Rank

Fungsi yang bisa kita gunakan untuk mencari peringkat atau ranking satu nilai dalam kumpulan nilai tertentu adalah Fungsi RANK.

Fungsi Rank memiliki 3 Parameter yaitu :

  1. Number : Parameter number adalah Angka yang akan kita cari peringkatnya
  2. Ref : Daftar angka yang akan dijadikan ukuran ranking dari parameter pertama
  3. Order : Jenis urutan yang digunakan untuk menentukan ranking. Jenis urutan di sini ada 2 yaitu : Ascending (kecil ke besar) dan Descending (besar ke kecil). Jika anda ingin menggunakan urutan Ascending maka anda mengisi parameter dengan angka 1 sedangkan untuk urutan Descending anda bisa mengisi nilai dengan angka 0.

Contoh Kasus

Untuk lebih jelasnya kita akan menggunakan contoh kasus tabel di bawah ini :


Pada tabel di atas kita akan mengisi ranking siswa berdasar total nilai yang didapat, siswa yang meraih total nilai terbesar akan mendapat peringkat pertama dan siswa yang mendapat total nilai terkecil akan mendapat peringkat terakhir. Maka kita akan menentukan ranking berdasar deretan angka Total Nilai dengan menggunakan urutan Descending (besar ke kecil)

Satu contoh jika kita akan mencari peringkat dari DOEL maka pada cell F3 kita masukkan Fungi RANK dengan SINTAX sebagai berikut :

=RANK(E3;$E$3:$E$10;0)

Pada Sintax di atas parameter pertama (Number) kita isi dengan E3 yang merupakan total nilai dari DOEL, parameter ke-dua kita isi dengan range $E$3:$E$10 yang merupakan Daftar/List dari Total Nilai seluruh siswa, dan parameter ke-tiga kita isi dengan 0 yang merupakan metode pengurutan yang digunakan yaitu Descending (Besar ke Kecil). Contoh Sintax dan hasil peringkat yang lainnya bisa dilihat di gambar di bawah ini :

Baik teman=teman, sekan dulu artikel kita kali ini tentang peringkat di Microsoft Excel. Semoga membantu pekerjaan anda, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Rumus Mencari Ranking Siswa di Excel"