Data Validation di Microsoft Excel - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Data Validation di Microsoft Excel

Data Validation

Data Validation di aplikasi Excel digunakan untuk mencegah user salah dalam menginput data. Seperti Ketika data yang diminta adalah data tanggal maka user hanya dapat menginput data tanggal, bukan data angka ataupun teks. Bahkan dengan pengaturan dalam Data Validation user hanya dapat menginput data tanggal dalam rentang waktu tertentu. Begitu juga dengan tipe data lainnya, dengan Data Validation kita juga bisa mencegah user hanya bisa menginput data angka (number) dengan rentang angka tertentu. Di bawah ini adalah tampilan dari form pengaturan Data Validation

Mengatur Data Validation

Untuk menampilkan Form Data Validation kamu terlebih dahulu select cell yang akan dibatasi input datanya >> klik tab Data >> Klik Data Validation

Maka akan mucul form Data Validation di mana kita mengatur data yang akan kita batasi pada cell yang terpilih sebelumnya. Pada form Data Validation kita melihat ada 3 tabulasi yaitu : Settings, Input Messages dan Error Alert. Setiap tabulasi akan kita jelaskan satu persatu. 


Tab Settings

Pada tab ini kita bisa mengatur kriteria data apa yang akan kita batasi di bawah Allow, di sini kita diberikan 8 pilihan seperti yang terlihat pada tabel di bawah :

Pilihan Kriteria di Tab Setting

No

Kriteria

Keterangan

1

Any Value

ini adalah Opsi Default. Pilih opsi ini jika kamu tidak ingin membatasi User dalam menginput data atau kamu ingin menghilangkan pengaturan validasi data.

2

Whole Number

Pilih Opsi ini jika kamu ingin membatasi user hanya bisa menginput data angka.

3

Decimal

Pilih opsi ini jika kamu ingin membatasi user hanya bisa menginput data angka desimal.

4

List

opsi ini digunakan jika kamu ingin membatasi user hanya bisa menginput data berdasarkan list tertentu yang bisa kamu atur sendiri.

5

Date

Pilih opsi ini jika kamu ingin membatasi user hanya bisa menginput data tanggal.

6

Time

opsi ini digunakan jika kamu ingin membatasi user hanya bisa menginput data tanggal.

7

Text Length

Pilih opsi ini jika kamu ingin membatasi user hanya bisa menginput data text dengan jumlah karakter yang dibatasi.

8

Custom

Pilih opsi ini jika kamu ingin membatasi user hanya bisa mengiput data berdasar rumus atau pengaturan tertentu

Setelah menentukan kriteria kita bisa memilih kondisi dari kriteria yang telah kita pilih di bawah Data seperti : Between, Not Between, Equal to, Less Than dan yang lainnya. Pilih kondisi sesuai dengan yang kita inginkan, kemudian atus pengaturan batas kriteria di bawah Minimun dan Maximum atau Value.

Tab Input Message

Pada tab ini kita bisa mengatur judul pesan dan isi pesan yang akan tampil jika user mengarahkan seleksi pada cell yang kita atur Data Validation.

Tab Error Alert

Pada tab ini kita bisa mengatur menampilkan pesan atau tidak ketika user salah dalam input data dengan memberi tanda centang pada Show error alert after invalid data is entered.

Kemudian di bawahnya kita bisa mengatur style dari pesan yang muncul. Di sini kita punya tiga pilihan :

  • Stop : Opsi ini mencegah user menginput data salah dan otomatis mengembalikan kepada data sebelum diedit

  • Information : Opsi ini akan menampilkan pesan berupa Informasi kepada user bahwa data yang diinput salah, user masih bisa lanjut menginput data yang salah pada cell.

Selanjutnya kamu bisa mengisi Judul Pesan pada Title dan Isi Pesan pada Error Message. Setelah itu Klik OK dan sekarang user tidak bisa sembarangan dalam menginput data pada cell yang kamu atur Data Validation.

Demikian artikel kali ini tentang penggunaan Data Validation di Microsoft Excel. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Data Validation di Microsoft Excel"